Posted by: arumchan | December 29, 2010

Terima kasih, tim Garuda…

Sekarang, sedang berlangsung pertandingan final antara tim Garuda-nya Indonesia vs tim Malaysia. Ini adalah pertandingan final penentuan, dan harus skor 4-0 supaya Indonesia bisa menang. Slim chance, huh?

Terlepas dari itu, saya bisa mengambil banyak hikmah dari sepak terjang timnas kita yg berbaju merah menyala. Karena “kebangkitan” mereka di pertandingan2 sebelumnya, bangkit pula semangat kebangsaan negeri ini. Yang tadinya gak bangga dengan timnas, jadi membeli atribut2 timnas. Yang tadinya gak pernah nonton bareng, malah jadi berbondong2 nonton bareng, baik di stadion maupun di tempat2 nonton lainnya. Yang tadinya gak bangga dengan Indonesia, menurut saya jadi tumbuh bibit2 rasa bangga yang baru terhadap bangsa ini. Ada perasaan bahwa, hey, we’re a part of that team, because we’re Indonesians!

Yah, menang ataupun kalah, pertandingan2 ini mengingatkan pada saya pentingnya mengajarkan sportivitas yang baik terhadap Botchan. Dia yang masih belum mengenal apa artinya “menang” dan apa artinya “kalah” bisa saya siapkan untuk menerima kedua hal tersebut secara wajar. Bahwa segala sesuatu yg dilakukan, dalam semua “arena pertandingan”, haruslah dengan usaha yang keras, latihan yang giat, niat yang lurus, dan penuh kejujuran. Mengingatkan saya juga untuk tidak “buta” terhadap prestasi, bahwa yang harus dihargai lebih adalah usahanya, bukan hasilnya. Kalau hasilnya bagus mengucap syukur dengan rendah hati, pun hasilnya belum maksimal juga harus diterima dengan lapang dada dan fokus pada usaha keras yang telah dilakukan.

As the Japanese say to children who accomplished something, “yoku ganbatta ne!” (you worked hard on this, I’m proud of you) and they don’t really focus heavily on the end results, sembari lalu saja. Dan kemarin baca article tentang hal ini, memang sebaiknya seorang anak itu dipuji atas usahanya yang keras dan bukan pada hasilnya, karena dalam hidup ini, apapun yang terjadi, usaha itulah yang terpenting. Win or lose, yang penting proses mencapai akhir itu bisa memberikan hikmah yang baik untuk diambil.

So, to timnas Garuda…apapun hasilnya 45 menit ke depan, I say thank you. Terima kasih telah memberikan aku pelajaran yang berharga untuk insyaAllah aku ajarkan ke anakku kelak. Yoku ganbatta, ne! Terima kasih atas usaha keras kalian, saya bangga dengan usaha keras yang ditunjukkan selama ini. Semoga ke depannya semakin maju dan terus bisa menyemangati kita semua yang menonton dari layar kaca…

Advertisements

Responses

  1. Win or lose we keep our heads up. That’s national pride, indeed. And working hard is a necessary condition for success, unfortunately not a sufficient one. If we work hard, there is a chance we will succeed. Chance, not guarantee. If we don’t work hard, we would most likely fail. Having been here for sometime, I feel that there is something wrong when an American undergrad student comes to an instructor saying that “I deserve an A because I have worked hard”.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: